Tips Mengembalikan Konsentrasi di Kala Stress

Bicara mengenai kesehatan pikiran, dalam kondisi tertekan, kebingungan dan sulit berkonsentrasi, kita akan menjadi stress. Bagaimana ketika justru di saat seperti itulah kita dituntut untuk mengerjakan tugas dengan baik dan mengatasi masalah dengan cepat? Bukan bekerja dengan baik, kita justru lebih sering panik dan pekerjaan pun menjadi kacau balau. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi stress di kala ia datang di saat yang tidak tepat.

  • Buatlah daftar to-do-list yang lebih fresh dari daftar sebelumnya.

Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari catatan pekerjaan, tasklist atau to-do-list adalah alat yang cukup membantu memudahkan memilah dan mencatat apa-apa saja yang harus anda lakukan pada hari itu. Namun ketika daftar seperti ini tidak sukses dan justru membuat anda pusing kepala sampai stress, cukup refresh daftar yang ada dan buat yang baru dengan mengutamakan prioritas pekerjaan tanpa perlu panik. Daftar semacam ini justru akan membantu kita mengerjakan tugas dengan baik dan bukan sebaliknya.

  • Buatlah checklist hasil pencapaian kita di hari atau minggu ini.

Untuk membangkitkan motivasi, para ahli beranggapan bahwa mencatat pencapaian merupakan cara yang cukup efektif. Tak perlu menulis hal-hal yang terlampau muluk atau berlebihan, tulis hal-hal sederhana seperti tugas-tugas apa saja yang telah anda kerjakan dengan baik, kecepatan anda dalam pengerjaannya dan pujian yang datang saat anda menyelesaikan sebuah pekerjaan akan membantu anda meningkatkan motivasi.

  • Berjalan-jalan ke luar ruangan.

Cobalah mencari tempat lapang dimana anda bisa mencari udara segar, misalnya di ruangan terbuka atau taman terdekat. Berjalan-jalanlah di sana sejenak. Asupan oksigen yang masuk ke dalam otak dan tubuh dapat membantu menyegarkan pikiran. Lakukan sambil berjalan santai sekitar lima hingga sepuluh menit.

  • Jangan mengandalkan kopi.

Alih-alih membangunkan kita pada saat mengantuk, kadaran kafein pada kopi justru akan membuat kita sulit menemukan fokus. Kafein memang bisa menjadi pemacu agar otak dan jantung bekerja lebih giat. Namun dalam kondisi stress, kafein justru berefek bumerang. Seperti halnya kopi, hindari minuman lain yang juga memiliki kandungan kafein seperti soda dan teh hijau sampai stress kita mereda.

  • Makan sumber protein.

Agar bisa lebih fokus pada pekerjaan, minumlah yoghurt, keju atau minuman shakes. Pengasuh www.askdrsears.com, Dr. Barry Sears beranggapan bahwa makanan dan minuman tersebut memiliki kadar asam amino triptofan yang berfungsi sebagai penenang alami bagi otak yang bisa meningkatkan konsentrasi kita.

sumber: wikipedia, prevention

Iklan

Satu Tanggapan

  1. entahlah setelah melepas pekerjaan di sukabumi saya merasa kembali tidak fokus terhadap rencana rencana dan masa depan saya,.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s