Uruguay Singkirkan Argentina Lewat Adu Penalti

Akhirnya pupus juga harapan rakyat Argentina menyaksikan tim nasionalnya menjadi juara Copa America 2011 di kandang sendiri, setelah ditaklukkan Uruguay.

Uruguay berhak atas satu tiket semifinal Copa America 2011 setelah menyingkirkan tuan rumah Argentina. La Celeste menyegel tiket ini usai memenangi duel yang ditentukan lewat adu penalti.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Brigadier General Estanislao Lopez, Santa Fe, Minggu (17/7/2011) pagi WIB ini berakhir 1-1 setelah waktu normal 90 menit.

Uruguay unggul terlebih dahulu lewat gol Diego Perez di menit kelima, namun Argentina membalas lewat  gol Gonzalo Higuain di menit 17. Skor ini bertahan sampai berakhirnya waktu normal dan 2×15 menit masa perpanjangan waktu.

Di babak kedua, walau unggul jumlah pemain, Argentina tidak dapat mencetak gol kemenangan. Adalah kegemilangan kiper Uruguay Fernando Muslera yang menjadi penyebabnya.

Fernando Muslera tampil gemilang dalam laga ini. Ia juga berhasil menggagalkan tendangan Higuain dari menit ke-21 dan Scotti pada menit ke-22 waktu tambahan. Keduanya dari dalam kotak penalti. Dia juga melakukan tiga penyelamatan gemilang di babak kedua. Dua dari tendangan Higuain dan satu dari tendangan bebas Carlos Tevez. Argentina justru kehilangan pemain memasuki penghujung babak kedua setelah Mascherano mendapat kartu kuning kedua dari wasit Carlos Amarilla.

Kegemilangan Muslera berlanjut di waktu tambahan. Sontekan Messi, Higuain serta Zabaleta, ketiganya dari dalam kotak penalti, juga berhasil ia gagalkan. 120 menit kedudukan tetap imbang 1-1, pemenang pun ditentukan lewat adu penalti.

Muslera pun layak dinobatkan menjadi Man of the Match dalam laga kali ini sebab ia pula yang berhasil menepis tendangan Tevez saat adu penalti.

Adu penalti :

Lionel Messi berhasil menjadi penendang pertama yang menceploskan bola ke sudut kiri bawah gawang Fernando Muslera.

Diego Forlan yang menjadi penendang pertama Uruguay menyamakan kedudukan lewat tendangan kerasnya ke tengah gawang.

Penendang berikutnya, Burdisso untuk Argentina dan Suarez untuk Uruguay sama-sama berhasil menjalankan tugasnya. Pada giliran ketiga, tendangan Tevez yang menjadi algojo berhasil digagalkan Muslera di sudut kanan bawah gawang. Sementara itu, Andres Scotti berhasil menaklukkan kiper Sergio Romero. Uruguay unggul 3-2.

Lalu Javier Pastore dari Argentina dan Walter Gargano dari Uruguay juga berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan baik. Dan Higuain yang menjadi penendang kelima Argentina berhasil melaksanakan tugasnya, namun Caceres juga berhasil melakukan hal yang sama untuk Uruguay, sehingga Uruguay berhak masuk ke semifinal dengan kedudukan saat adu penalti 5-4

source

Iklan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s